Rabu, 08 Februari 2012

PERLOMBAAN PANJANG MAULUD TINGKAT KOTA CILEGON TAHUN 2O12

Rabu, 08 Februari 2012
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H, Pemerintah Kota Cilegon mengadakan perlombaan Panjang Maulud Tingkat Kota Cilegon yang diikuti oleh Seluruh kecamatan se-Kota Cilegon yang meliputi: Kecamatan Cilegon, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Jombang, Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Grogol, dan Kecamatan Pulomerak. Saat ini Panjang Maulud, sudah menjadi event tahunan yang secara resmi dijadikan sebagai Program pemerintahan di Banten, Khususnya Pemerintah Kota Cilegon.
Kemeriahan perlombaan Panjang Maulud yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cilegon ini dikarenakan seluruh Kecamatan  melibatkan semua komponen yang ada di Kecamatan masing-masing, mulai dari Muspika, semua pegawai kecamatan dan kelurahan, MUI , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Majelis Ta’lim, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan, PGRI, dan juga seluruh keterwakilan masyarakat yang ada di kecamatan masing-masing.

Isi Panjang itu juga bisa bermacam-macam. Bisa berupa makanan, seperti telur ayam, atau bebek, daging ayam, ikan, dan lauk-pauk lainnya, tetapi bisa juga berupa pakaian, sajadah, sarung, kopiah, arloji, jam dinding, dan sebagainya. Di sela-sela makanan atau pakaian itu kadang-kadang terselip lembaran uang.

Kecamatan Purwakarta selaku Juara Pertama pada Perlombaan Panjang Maulud Tingkat Kota Cilegon Tahun 2011 siap mempertahankan gelar juara di tahun 2012. Camat Purwakarta, H. Juhadi, ST., MM., dalam setiap kesempatan selalu memberikan pengarahan kepada lurah se-Kecamatan Purwakarta untuk bisa mempertahankan gelar juara mengingat Kecamatan Purwakarta masih kental dengan nuansa religinya. Gayungpung bersambut, para lurah se-kecamatan Purwakarta berkomitmen untuk mempertahankan gelar juara, ini dibuktikan dengan kemasan Panjang Maulud mengadakan parade kendaraan dan aneka hiasan yang diramaikan oleh masyarakat, instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan hampir seluruh komponen yang ada di Kecamatan Purwakarta. Adapun miniatur yang ditampilkan oleh Kecamatan Purwakarta adalah: Kecamatan Purwakarta dan Kelurahan Tegal Bunder menampilkan miniatur mesjid, Kelurahan Purwakarta menampilkan miniatur Gajah dengan berbagai ornamennya, Kelurahan Kebondalem dan Kelurahan Ramanuju menampilkan miniatur Perahu atau Tugboat, Kelurahan Kotabumi dan Kelurahan Pabean menampilan miniatur Unta.

Mudah-mudahan dengan komitmen Camat Purwakarta dan para Lurah se-Kecamatan Purwakarta membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, KECAMATAN PURWAKARTA BISA MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA PERLOMBAAN PANJANG MAULUD.

Kafilah Kecamatan Purwakarta sedang bersiap-siap

Sesaat sebelum melewati panggung Walikota Cilegon

Walikota Cilegon beserta para pejabat di lingkungan Pemkot Cilegon

Camat Purwakarta memberikan Berkat Maulud kepada Walikota Cilegon
Kafilah Kecamatan Purwakarta

Kafilah Kecamatan Purwakarta

Panjang Maulud dari Kecamatan Purwakarta

Panjang Maulud dari Kecamatan Purwakarta

Ornamen Gajah dari Kelurahan Purwakarta


1 komentar:

Alhamdulillah, atas dukungan Kelurahan se-Kecamatan Purwakarta dan dukungan dari seluruh komponen yang ada di Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta masih bisa mempertahankan gelar Juara Pertama pada event Lomba Panjang Maulud Tingkat Kota Cilegon Tahun 2012, Selamat dan Sukses....!!!

Posting Komentar