Rabu, 25 April 2012

PERANAN RT DAN RW DALAM MEMELIHARA SIKAP GOTONG ROYONG DALAM MASYARAKAT

Purwakarta - Kamis, 26 April 2012
Kehidupan manusia dalam masyarakat tidak terlepas akan adanya interaksi sosial antar sesamanya. Pada dasarnya manusia sesuai dengan fitrahnya merupakan makhluk sosial yang tidak biasa hidup sendiri melainkan membutuhkan pertolongan orang lain. Oleh sebab itu di dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya kerjasama dan sikap gotong royong dalam menyelesaikan segala permasalahan.

Sikap gotong royong yang dilakukan masyarakat dalam kehidupannya memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting. Dengan adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan cepat terselesaikan jika dilakukan kerjasama dan gotong royong di antara sesama penduduk di dalam masyarakat, pembangunan akan cepat terlaksana apabila masyarakat di dalamnya bergotong royong dan berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan tersebut.

Di Kelurahan Purwakarta sendiri sikap gotong royong warga masih terasa kental dan masih banyak dijumpai dalam bentuk pembangunan apapun dan gotong royong yang dilaksanakan di komandoi oleh RT dan RW di lingkungan yang bersangkutan. RT dan RW bukan hanya mengumumkan jadwal gotong royong tetapi juga ikut dalam pelaksanaan gotong rotong tersebut karena ternyata cara-cara yang demikian lebih efektif untuk memberi contoh kepada warganya.

Dan salah satu contoh sikap gotong royong yang diprakarsai oleh RW. 04, RW. 05 dan para tokoh masyarakat serta para pemuda adalah pemugaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) warga. Lurah Purwakarta Hasuri, S.Sos menyampaikan bahwa sikap gotong royong dalam masyarakat khususnya di Kelurahan Purwakarta masih terpelihara dengan baik dan kebetulan untuk gotong royong di RW. 04 dan RW. 05 untuk Pemugaran Tempat Pemakaman Umum (TPU) di lakukan oleh warga di 2 (dua) RW tersebut mengingat pemakaman warga yang meninggal untuk kedua RW tersebut berada disatu tempat, oleh karena itu seluruh warga didua RW tersebut dengan jadwal yang sudah dibuat oleh panitia pembangunan bersama-sama melaksanakan gotong royong.

1 komentar:

gotong royong sebagai salah satu warisan budaya dari nenek moyang harus bisa kita lestarikan........

Posting Komentar