Rabu, 29 Februari 2012

PERANAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) SEBAGAI LEMBAGA PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Purwakarta - Rabu, 29 Februari 2012
 
Kelompok Tani "Mulya Asih" menerima bantuan dari Deptan berupa benih Kacang Tanah
Gapoktan adalah gabungan dari beberapa kelompok tani yang melakukan usaha agribisnis di atas prinsip kebersamaan dan kemitraan sehingga mencapai peningkatan produksi dan pendapatan usaha tani bagi anggotanya dan petani lainnya. Tujuan utama pembentukan dan penguatan Gapoktan adalah untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas (Deptan, 2006).  
Pembentukan Gapoktan didasari oleh visi yang diusung, bahwa pertanian modern tidak hanya identik dengan mesin pertanian yang modern tetapi perlu ada organisasi yang dicirikan dengan adanya organisasi ekonomi yang mampu menyentuh dan menggerakkan perekonomian di Kelurahan melalui pertanian, di antaranya adalah dengan membentuk Gapoktan. Gapoktan tersebut akan senantiasa dibina dan dikawal hingga menjadi lembaga usaha yang mandiri, profesional dan memiliki jaringan kerja luas. Lembaga pendamping yang utama adalah Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cilegon, di mana para penyuluh merupakan ujung tombak di lapangan. Penguatan dari sisi lain adalah melalui implementasi berbagai kegiatan pemerintah yang didistribusikan ke Kelurahan, dimana Gapoktan selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan yang memungkinkan. 

Ada 4 (empat) Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Purwakarta, yaitu :  Koptan Mulya Asih di lingkungan Kubang Welingi, Koptan Sri Rejeki di lingkungan Kubang Lele, Koptan Harapan Makmur di lingkungan Kaligandu Bujang Boros, dan Koptan Tunas Harapan di lingkungan Cilentrang. Semua Koptan memiliki bidang garapan yang sama, yaitu Pertanian. Untuk tahun 2011 bantuan-bantuan dari pusat untuk Gapoktan Sejahtera Kelurahan Purwakarta di titik beratkan pada bidang pertanian yaitu budi daya kacang tanah.

Para peserta SL-TPP sedang menerima materi dari penyuluh pertanian
Para peserta SL-TPP berpose sejenak setelah menerima materi
Untuk menunjang produksi kacang tanah di Kelurahan Purwakarta, pada tahun 2011 dilaksanakan program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman terpadu (SL-PTT) yang merupakan bantuan Departemen Pertanian. Tujuan diadakannya SL-PTT diantaranya ialah untuk meningkatkan produksi sehingga berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan petani. Kegiatannya dalam satu kelompok meliputi 6 kali pertemuan, dimulai dari penanaman, pengamatan agroekosistem mingguan serta panen. Point penting yang perlu disampaikan pada peserta SL-PTT tercakup dalam komponen teknologi dasar meliputi varietas unggul, benih bermutu dan berlabel, pembuatan saluran drainase, populasi tanaman serta pengendalian OPT (Organisme Penganggu Tanaman) sesuai prinsip PHT (Pengendalian Hama Terpadu). Keuntungan yang diperoleh dari penerapan PTT diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas hasil usaha tani, efisiensi biaya serta kesehatan lingkungan tumbuh pertanaman dan lingkungan hidup.

“Gapoktan Sejahtera” Kelurahan Purwakarta yang diketuai Amin Salim merupakan Gapoktan percontohan se-Provinsi Banten dan pernah memperoleh Juara III Perlombaan Gapoktan se-Provinsi Banten.

Kelompok Tani "Sri Rejeki"
Kelompok Tani "Tunas Harapan"
Kelompok Tani "Mulya Asih"

3 komentar:

Ijin Share yh admin, semoga bermanfaat.. :)
KARENA UNTUK KESEHATAN, BERGUNA UNTUK SIAPAPUN DAN DIMANAPUN...

www.tokoagro.com menyediakan berbagai macam produk" agro yang dijamin "LEBIH MURAH" dr yg lainnya :

1. Benih Padi 17.500 & Beras Merah Organik 11.500
2. Benih Padi 18.500 & Beras Hitam Organik 19.500
3. Benih Padi 18.000 & Beras Menthik Wangi Organik 13.500
4. Pupuk GDM Organik Hayati (lihat web utk detail harganya)
5. Benih sayuran. ( bnyak mcmnya, jadi lihat web utk detail harganya yh)
6. Bibit Singkong Gajah 1.000/stek dan Singkong Cimanggu 500/stek
7. Buku" Budidaya dan lain"
8. Produk" Agro Lainnya dapat di lihat di www.tokoagro.com

Keterangan :

1. Harga Reseller Beda.
2. Menjadi Agen untuk wilayah Indonesia Juga Bisa
3. Alamat Kantor kami di :
PT. BERKAT AGRO JAYA
d/a Ring Road Utara, Jl. Riang Gembira, No. 56, Nanggulan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55282
Pin BB : 331899C4
FASTEST RESPON :
Telp : 0274-6689855
SMS : 0878-08783040, 0823-22586289, dan 0857-70707172

------Terima Kasih admin------

luar biasa sekali gapoktan di purwakarta ini. Ditempat saya juga ada gapoktan dan sudah mulai berkembang. Semoga bisa sebesar gapoktan di purwakarta.

Posting Komentar